16/12/2016

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KHULAFAUR RASYIDIN



A. Pada Masa Khalifah Abu Bakar As-Sidiq (632-634)
Setelah nabi wafat, sebagai pemimpin umat islam abu bakar as-sidiq sebagai khalifah. Khalifah adalah pemimpin yang diangkat setelah nabi wafat untuk menggantikan nabi dan melanjutkan tugas-tugas sebagi pemimpin agama dan pemerintahan. Pelaksanaan pendidikan islam pada masa khalifah abu bakar ini adalah sama dengan pendidikan islam yang dilaksanakan pada masa Nabi baik materi maupun lembaga pendidikannya.
Dari segi materi pendidikan islam terdiri dari pendidikan tauhid atau keimanan,akhlaq,ibadah,kesehatan dan lain sebagainya.
-          Pendidikan keimanan, yaitu menanamkan bahwa satu-satunya yang wajib disembah adalah Allah.
-          Pendidikan akhlaq,seperti adab masuk rumah orang,sopan santun bertetangga,bergaul dalam masyarakat.
-          Pendidikan ibadah seperti pelaksanaan shalat puasa dan haji.
-          Kesehatan seperti tenteng kebersihan, gerak-gerik dalam sholat merupakan didikan untuk memperkuat jasmani dan rohani.
Menurut ahmad syalabi, lembaga untuk belajar membaca menulis ini disebut dengan kuttab. Kuttab merupakan lembaga pendidikan yang dibentuk setelah masjid, selanjutnya Asama hasan fahmi mengatakan bahwa kuttab didirikan oleh orang-orang arab pada masa Abu bakar dan pusat pembelajaran pada masa ini adalah Madinah, sedangkan yang bertindak sebagai tenaga pendidik adalah para sahabat Rasul yang terdekat.lembaga pendidikan islam adalah masjid, masjid dijadikan sebagai benteng pertahanan rohani, sebagai sholat berjamaah, membaca al-qur’an, dan lain sebagainya.
B. Pada Masa Khalifah Umar Bin Khatab (634-644)
Abu bakar telah menyaksikan persoalan yang timbul di kalangan kaum muslimin setelah Nabi wafat, berdasarkan hal inilah abu bakar menunjuk penggantinya yaitu Umar bin khattab, yang tujuannya adalah untuk mencegah supaya tudak terjadi perselisihan dan perpecahan dikalangan umat islam, kebijakan abu bakar tersebut ternyata di terima oleh masyarakat. Pada masa khalifah Umar bin khattab, kondisi politik dalam keadaan stabil, usaha perluasan islam mempeoleh hasil yang gemilang.wilayah islam pada masa Umar bin khattab meliputi semenanjung arabia, palestina, syiria, irak, persia, dan mesir.
Dengan meluasnya wilayah islam mengakibatkan meluas pula kehidupan dalam segala bidang. Untuk memenuhi kebutuhan ini diperlukan manusia yang memiliki ketrampilan dan keahlian, sehingga dalam hal ini di perlukan pendidikan. 
Pada masa Umar bi khattab, mata pelajaran yang diberikan adalah membaca dan menulis al-qur’an dan menghafalnya serta belajar pokok-pokok agama islam. Pendidikan pada masa Umar ini lebih maju dibandingkan dengan sebelumnya. Pada masa ini tuntutan untuk belajar bahasa arab sudah mulai tampak, orang yang baru masuk islam dari daerah yang ditaklukan harus belajar bahasa arab, jika ingin belajar dan memahami pengetahui islam, oleh karena itu , pada masa ini sudah terdapat pengajaran bahasa arab.
C. PADA MASA KHALIFAH USMAN BIN AFFAN (664-656)
Pada masa khalifah Usman bin affan, pelaksanaan pendidikan islam tidak jauh brerbeda dengan masa sebelumnya. Pendidikan dimasa ini hanya melanjutkan apa yang telah ada, namun hanya sedikit perunbahan yang mewarnai pendidikan islam. Para sahabat yang berpengaruh dan dekat dengan rasul yang tidak diperbolehkan meninggalkan Madinah di masa khalifah Umar, diberikan kelonggaran untuk keluar dan menetap di daerah-daerah yang mereka sukai. Kebijakan ini sangat besar pengaruhnya bagi pelaksanaan pendidikan di daerah-daerah.
Proses pelaksanaan pendidikan pada masa Usman ini lebih ringan dan mudah dijangkau oleh seluruh peserta didik yang menuntut dan belajar islam dan dari segi pusat pendidikan juga lebih banyak, sebab pada masa ini para sahabat bisa memilih tempat yang mereka inginkan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat.
Tugas mendidik dan mengajar umat pada masa Usman bin affan diserahkan umat itu sendiri, artinya pemerintah tidak megangkat guru-guru, dengan demikian para pendidik sendiri melaksanakan tugasnya hanya mengharap ridho Allah.
C.     Pada Masa Khalifah Ali Bin Abi Tholib (656-661)
Pada m asa Ali bin abi tholib telah terjadi pemberontakan, sehingga di masa ia berkuasa pemerintahannya tidak stabil. Dengan kericuhan politik pada masa Ali berkuasa,kegiatan pendidikan islam mendapat hambatan dan gangguan, pada saat itu Ali tidak sempat memikirkan masalah pendidikan sebab keseluruhan perhatiannya di tumpahkan pada masalah keamanan dan kedamaian bagi masyarakat islam. Dengan demikian, pola pendidikan pada masa khulafaur rasyidin tidak jauh beda dengan masa Nabi yang menekan pada pengajaran baca tulis dan ajaran-ajaran islam yang bersumber pada al-qur’an dan hadis Nabi.
D.    Kurikulum Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin
Sistem pendidikan islam pada masa khulafaur rasyidin dilakukan secara mandiri,tidak dikelola oleh pemerintah, kecuali pada masa Umar bin khattab yang campur dalam menambahkan materi kurikulum pada lembaga kuttab.
Materi pendidiakan islam yang diajarkan pada masa khulafaur rasyidin sebelum masa Umar bin khattab, untuk pendidikan dasar:
a.       Membaca dan menulis
b.      Membaca dan menghafal al-qur’an
c.       Pokok-pokok agama islam, seperti cara wudlu, shalat, shoum, dan sebagainya
Ketika Umar bin khattab diangkat menjadi khalifah ia menginstruksikan kepada penduduk agar anak-anak diajari mengendarai unta, memanah, membaca dan menghafal syair-syair yang mudah dan pribahasa.
Sedangakan materi pendidikan pada tingkat menengah dan tinggi terdiri dari:
a.       Al-qur’an dan tafsirnya
b.      Hadis dan pengumpulannya
c.       Fiqh
KESIMPULAN
Pendidikan pada masa Abu Bakar tidak jauh beda dengan pendidikan masa rasulullah. Pada masa khalifah Umar Bin Khattab, pendididkan sudah lebih meningkat dimana pada masa khalifah Umar guru-guru sudah digaji untuk mengajar ke daerah-daerah yang baru di taklukksn.
Pada khalifah Usman Bin Affan, pendidikan diserahkan pada rakyat dan sahabat tidak hanya fokus di Madinah saja, tetapi suah dibolehkan kedaerah-daerah untuk mengajar.pada masa khalifah Ali Bin Abi Tholib, pendidikan kurang mendapat perhatian di sebabkan karena pemerintahan Ali selalu dilanda konflik yang berujung kepada kekacauan.

DAFTAR PUSTAKA
Nizar,samsul.2008.Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

No comments: