02/01/2018
20/01/2017
Mengenang KH MOCH CHAEDAR ZUHRI
Mengenang KH MOCH CHAEDAR ZUHRI Pendiri Pondok Pesantren Nurul Falah Kaungcaang
Nasihat Maulana Rumi :
Jangan bersedih, Wali Allah tidak hilang darimu, Sebab semesta telah hilang darinya..., Dunia memang berada dalam genggamannya, Namun tidak pernah menguasai hatinya, Sebab hatinya telah menjadi tahta tuhannya, Hanya mereka yang mampu berdzikir dalam setiap detak jantungnya yang dianugrahi martabat yg mulia ini...
Nasihat Maulana Rumi :
Jangan bersedih, Wali Allah tidak hilang darimu, Sebab semesta telah hilang darinya..., Dunia memang berada dalam genggamannya, Namun tidak pernah menguasai hatinya, Sebab hatinya telah menjadi tahta tuhannya, Hanya mereka yang mampu berdzikir dalam setiap detak jantungnya yang dianugrahi martabat yg mulia ini...
08/01/2017
Program Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum
KEMENTERIAN AGAMA
PROGRAM KERJA
WAKIL KEPALA
MADRASAH BIDANG KURIKULUM
MADRASAH
ALIYAH NURUL FALAH
KAUNG CAANG
CADASARI-PANDEGLANG
TAHUN
PELAJARAN 2016-2017
LEMBAR PENGESAHAN
PROGRAM KERJA
WAKAMAD BIDANG KURIKULUM
Penyusun
Wakil Kepala
Madrasah Bidang Kurikulum
Asep Hermawan, M.Pd.I
NIP.
Menyetujui / Mengesahkan
Kepala Madrasah,
Mahtumah, S.Sos.I
NIP.
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmaanirrohiim
Dengan memanjatkan puji syukur
kepada Allah SWT karena atas rakhmat dan karunia-Nya kami telah dapat menyusun
Program Tahunan Kegiatan Madrasah Aliyah Nurul Falah Kaung Caang
Hanya dengan
Rahmatnya Alhamdulillah kami dapat menyusun Program Kerja Wakamad
Bidang Kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah Kaung
Caang untuk tahun 2016-2017. Dengan Program ini dimaksudkan agar
langkah-langkah yang akan dilakukan sesuai dengan Visi, Misi dan tujuan yang disepakati dan ditetapkan
bersama.
Oleh karena itu kami menyadari bahwa
Program Kerja Bidang Kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah ini banyak
manfaatnya dalam pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan di Madrasah Aliyah
Nurul Falah Tahun Pelajaran 2016-2017
Kami berkeyakinan bahwa setiap
kegiatan tanpa perencanaan hasilnya
tidak akan memuaskan, oleh sebab itu kami berusaha membuat program rencana
setiap kegiatan meskipun belum sempurna, sehingga kritik dan saran kami
harapkan dari semua pihak demi menuju kesempurnaan Program Kerja ini.
Terwujudnya Program Kerja Kurikulum Madrasah
Aliyah Nurul Falah ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan
dari Bapak Kepala Madrasah dan segenap dewan guru, untuk itu
kami haturkan banyak terima kasih dan
menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya.
Akhir kata, semoga Program Kerja
Bidang Kurikulum yang kami susun ini bermanfaat bagi Madrasah Aliyah Nurul Falah pada khususnya
dan umumnya bagi madrasah/sekolah lain, serta Insya Allah dengan rasa kebersamaan yang tinggi, yang didasari dengan niat
ibadah guna menggapai Mardhatillah. Lembaga ini akan terus maju dan disegani masyarakat serta jadi
tumpuan masyarakat.
Hanya kepada
Allah jualah menyerahkan segala urusan.
Pandeglang, Juli 2016
Wakamad
Kurikulum,
Asep Hermawan,
M.Pd.I
NIP.-
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dinamika pendidikan di Indonesia
dewasa ini mengalami perubahan yang sangat signifikan baik secara akademis
maupun teknis penyelenggaraan pendidikan, sehingga para pelaksana pendidikan dituntut
untuk lebih meningkatkan kemampuannya agar tujuan pendidikan baik secara lokal
maupun secara global tercapai dengan baik
Madrasah Aliyah Nurul Falah
merupakan salah satu institusi pemerintah yang secara langsung melayani
masyarakat yang membutuhkan di bidang pendidikan. Pelayanan pendidikan
senatiasa ingin selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat sehingga
keberadaan Madrasah Aliyah Nurul Falah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh
masyarakat.
Berbagai macam persoalan dalam dunia
pendidikan seperti kurangnya tenaga pengajar baik secara kwalitas maupun
kuantitas, kurangnya sarana prasana dan banyak lagi komponen-komponen guna
terwujudnya dunia pendidikan yang ideal. Namun demikian optimalisasi komponen
yang ada dan dimiliki menjadi salah satu jalan keluar yang harus dilakukan oleh
setiap komponen pendidikan.
Proses Belajar Mengajar (PBM)
merupakan kegiatan pokok dalam dunia pendidikan yang dikelola oleh bidang
kurikulum dan didukung oleh komponen lain yang tidak bisa terpisahkan. Dengan
daya dukung yang dimiliki, Madrasah Aliyah Nurul Falah mencoba menyusun program
kerja bidang kurikulum untuk tahun pelajaran 2016-2017.
B. Dasar Pemikiran
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
- Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Satndar Isi Pendidikan Agama Islam dan bahasa arab di Madrasah.
- Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016-2017
- Rapat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Juli tahun 2016 tentang pembagian tugas mengajar dan tugas-tugas lain.
BAB II
VISI, MISI
DAN TUJUAN
A.
Tujuan Pendidikan Nasional Jenjang Menengah
Tujuan Pendidikan Nasional
sebagaimana Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional adalah untuk berkembangknya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan menjadi warga negera yang demokratis serta bertanggung jawab
Sedangkan untuk jenjang menengah sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor
29 tahun 1990 tentang Pendidikan menengah, pendidikan menengah bertujuan:
1.
Meningkatkan
pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih
tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahun, teknologi dan kesenian;
2.
Meningkatkan
kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan
timbal-balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya
B.
Visi Wakamad Madrasah
Aliyah Nurul Falah
Kurikulum
disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan
potensi yang ada di madrasah. Madrasah Aliyah Nurul Falah sebagai unit
penyelenggara pendidikan, juga harus memperhatikan dan mengantisipasi
perkembangan dan tantangan masa depan.
Adapun
perkembangan dan tantangan itu menyangkut antara lain:
1.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
2.
Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas
antar dan lintas Sektor serta tempat;
3.
Era informasi;
4.
Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia ;
5.
Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan;
6.
Masyarakat
Ekonomi Asia (MEA).
Madrasah Aliyah Nurul Falah Kaung
Caang sangat merespon tantangan sekaligus peluang
tersebut sehingga visi madrasah
diharapkan sesuai dengan arah
perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan
profil sekolah yang diinginkan di masa mendatang atau secara sederhana
diartikan sebagai gambaran sekolah yang dicita-citakan di masa depan. Namun
demikian, visi sekolah harus tetap mengacu kepada kebijakan pendidikan nasional. Demikian
juga Visi tersebut harus memperhatikan dan mempertimbangkan
antara lain: (a) potensi yang dimiliki madrasah dan (b) harapan masyarakat yang
dilayani madrasah.
Dalam
merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah dan merumuskan visi madrasah,
sehingga visi madrasah tersebut dapat
mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh
kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, dan
pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Visi Wakamad Madrasah Aliyah Nurul Falah:
“TERWUJUDNYA MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH YANG AMANAH,
AKUNTABEL SERTA MELAHIRKAN INSAN KAMIL YANG BERAHLAKUL KARIMAH DENGAN
OPTIMALISASI KINERJA”. Visi
tersebut di atas mencerminkan cita-cita madrasah yang berorientasi ke depan
dengan memperhatikan potensi kekinian,
sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Pemilihan
visi tersebut untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.
Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya
setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah. Adapun indikator
dari visi tersebut adalah :
1.
Mampu mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam secara benar dan
konsekuen;
2.
Berprestasi dalam berbagai even kegiatan/perlombaan baik akademis maupun
non akademis:
3.
Mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi;
4.
Perolehan nilai akademis peserta didik meningkat dari tahun ke tahun;
5.
Mampu bersaing dalam bursa dunia kerja;
6.
Mampu melahirkan peserta didik yang kreatif dan inovatif
7.
Tenaga pendidik dan kependidikan bekerja secara profesional;
8.
Disiplin warga sekolah sesuai dengan standar yang berlaku;
9.
Kegiatan pembinaan dan pengembangan
minat, bakat dan kemandirian siswa;
10. Menjalin kerjasama dengan masyarakat
dalam berbagai kegiatan yang positif;
Visi tersebut
mencerminkan profil dan cita-cita madrasah yang :
1.
Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian;
2.
Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat;
3.
Ingin mencapai keunggulan dan prestasi yang terbaik;
4.
Meningkatkan kesejahteraan hidup;
5.
Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah dalam
mendarmabaktikan untuk kepentingan dunia pendidikan;
6.
Mendorong adanya perubahan yang lebih baik;
7.
Mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) madrasah; dan
8.
Menunjukkan kewibawaan dan keberadaan madrasah di tengah-tengah melalui perilaku dan prestasi.
C.
Misi Madrasah
Untuk mencapai
visi tersebut, Madrasah Aliyah Nurul Falah telah merumuskan misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang
jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas,
yaitu :
1.
Meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, mengamalkan ajaran Islam,
pengetahuan dan teknologi tepat guna
2.
Meningkatkan
Sumber Daya Manusia tenaga pendidik dan
kependidikan
3.
Meningkatkan
hubungan kerja sama dengan semua pihak yang berkepentingan (steakholder)
4.
Meningkatkan
pengadaan sarana dan prasarana pendidikan
5.
Meningkatkan
pengelolaan administrasi secara cepat tepat dan akuntabel
D.
Tujuan Pendidikan Madrasah Aliyah Nurul Falah
Tujuan
pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut.
Adapun tujuan
pendidikan Madrasah Aliyah Nurul Falah yang merupakan penjabaran dari visi
dan misi madrasah agar komunikatif dan bisa diukur adalah sebagai berikut :
1.
Terlaksananya tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing-masing komponen
madrasah;
2.
Terlaksananya pengembangan kurikulum secara bertahap;
3.
Terlaksananya peningkatan pembinaan nilai-nilai moral dan akhlakul karimah
dalam kehidupan sehari-hari;
4.
Meningkatkan
Kecerdasan, Pengetahuan, Kepribadian, serta Keterampilan untuk hidup mandiri
dan mengikuti Pendidikan lebih lanjut.
5.
Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat Peserta Didik melalui
layanan bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler
6.
Tercapainya perolehan nilai akademis siswa
meningkat dari tahun ke tahun;
7.
Terlaksananya kegiatan pembinaan dan pengembangan minat dan bakat siswa;
8.
Meningkatkan kedisiplinan untuk
semua komponen warga madrasah sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku;
9.
Peningkatan profesionalitas tenaga
pendidik dan kependidikan dengan berbagai kegiatan positif yang sesuai dengan
tugasnya;
10. Tercapainya prestasi dalam berbagai kegiatan dan atau
perlombaan baik akademis maupun non akademis;
11. Meningkatkan prestasi akademik
Peserta Didik dengan nilai rata-rata 7,5
12. Terciptanya jalinan kerjasama yang
harmonis antara sesama warga madrasah, orang tua siswa, masyarakat, dan semua stakeholders
madrasah lainnya.
E.
Maksud Dan
Tujuan
Maksud penyusunan program kerja ini adalah:
- Terlaksananya Pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013
- Terlaksananya pembelajaran secara tertib
- Terpenuhinya fasilitas media pembelajaran tiap ruang
- Tercapainya hasil evaluasi pembelajaran di atas KKM
Berdasarkan
tugas dan fungsi Wakamad Bid Kurikulum di atas maka
Program bidang kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah dibuat bertujuan:
1.
Memberikan
landasan dan arahan kepada seluruh komponen pendidikan agar proses pendidikan
di Madrasah Aliyah Nurul Falah dapat terselenggara dengan baik sesuai dengan
tujuan pendidikan secara umum sesuai dengan Visi, Misi dan tujuan Madrasah
Aliyah Nurul Falah
2.
Memberikan
gambaran tentang proses pembelajaran yang akan dilaksanakan pada tahun
pelajaran 2016-2017
3.
Sebagai alat
kontrol pelaksanaan kegiatan pembelajaran
4.
Sebagai
tolak ukur dalam menilai hasil kerja Guru
BAB III
TUGAS DAN
FUNGSI WAKAMAD BIDANG KURIKULUM
A.
Rumusan Umum Tugas dan Fungsi
Membantu Kepala Madrasah dalam
pelaksanaan kegiatan Kurikuler dan ekstra kurikuler.
B.
Uraian Tugas
1.
Menyusun
Program kerja tahunan
2.
Mengkoordinasikan
Pemasyarakatan dan Pengembangan Kurikulum.
3.
Menyusun
Program pengajaran (Mingguan, Bulanan, Semester, Tahunan) dan mengkoordinasikan
pelaksanaannya.
4.
Mengkoordinir
kegiatan belajar mengajar termasuk pembagian tugas pendidik, jadwal pelajaran,
evaluasi belajar dan sebagainya.
5.
Menganalisis
ketercapaian target kurikulum dan daya serap.
6.
Mengkoordinasikan
persiapan dan pelaksanaan UTS, UAS, UN, UAM
7.
Menyusun
kriteria kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan
8.
Mengarahkan
penyusunan Silabus dan RPP
9.
Mengkordinasi
penyusunan KKM.
10. Mengajar 24 jam pelajaran/minggu.
11. Menyusun laporan berkala dan insidentil tentang
kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler.
12. Mengkoordinir pelaksanaan penerimaan peserta didik
baru.
13. Mengkoordinir wali kelas dan bimbingan karir.
14. Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan Pokja kurikulum madrasah
15. Mengkoordinir penulisan dan pengembangan mata
pelajaran.
16. Mendokumentasikan kurikulum, penyesuaian kurikulum dan
mata pelajaran yang telah baku.
17. Mewakili madrasah dalam kegiatan-kegiatan yang
berhubungan dengan pengembangan kurikulum
C.
Bertanggung Jawab Kepada :
1.
Atasan
langsung : Kepala Madrasah
2.
Pembina
Teknis : Kepala seksi Mapenda
BAB IV
PROGRAM KERJA BIDANG KURIKULUM
A.
Program Umum
- Menyiapkan format pembelajaran yang dibutuhkan Guru Mata Pelajaran
- Membantu Kepala Madrasah mengurus kegiatan kurikulum intrakurikuler dan ekstrakurikuler untuk setiap guru bidang studi
- Menyediakan silabus untuk setiap guru bidang studi
B.
Program
Pokok
1.
Kegiatan
Awal
·
Membantu Kepala
Madrasah menyusun SK pembagian tugas mengajar
guru
·
Menyusun
jadwal pelajaran
·
Membantu Kepala
Madrasah membuat SK pembagian tugas bagi tenaga
kependidikan
·
Membagi/menetapkan
kelas sesuai dengan program
·
Menyiapkan
absensi siswa yang dipegang oleh masing-masing guru bidang
studi
·
Menyiapkan
jurnal kelas
·
Menyiapkan
absensi masing-masing guru bidang studi
2.
Kagiatan
Harian
·
Membantu
Kepala Madrasah mengawasi KBM
·
Membntu Kepala
Madrasah dalam meningkatkan suasana pembelajaran yang efektif dengan menetapkan
disiplin belajar siswa
·
Membantu
guru dalam mengatasi hambatan dalam KBM
·
Membantu Kepala
Madrasah mengawasi kegiatan pendalam materi
3.
Kegiatan
Mingguan
·
Memberikan
laporan kepada Kepala Madrasah tentang pelaksanaan KBM selama satu
minggu
·
Membantu Kepala
Madrasah menyiapkan pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin
·
Memberi laporan
tentang kegiatan pendalaman materi selama satu
minggu
·
Mengadakan
pertemuan konsulidasi dengan masing-masing wakasek, guru BK dan wali kelas
4.
Kegiatan
Bulanan
·
Mengadakan
rapat evaluasi pelaksanaan KBM dan ektrakurikuler
·
Membantu Kepala
Madrasah dalam mengevaluasi kegiatan pandalaman materi bulan
sebeblumnya
·
Mengadakan
konsultasi dengan guru mata pelajarandan BK tentang kesulitan belajar dan
absensi siswa
·
Membantu Kepala
Madrasah dalam pelaksanaan ulangan harian bersama ( UHB )
·
Membantu Kepala Madrasah dalam
pelaksanaan Midle semester/UTS
5.
Kegiatan
Semesteran
·
Membantu Kepala
Madrasah dalam pelaksanaan ulangan semesteran
·
Menyiapkan
leger nilai raport semesteran yang bersangkutan
·
Membantu Kepala
Madrasah mengawasi wali kelas dalam mengisi buku
raport
·
Menghitung
target kurikulum dan taraf serap masing-masing kelas pada setiap mata
pelajaran
·
Membantu Kepala
Madrasah dalam mengawasi
pembagian buku raport
·
Maembantu Kepala
Madrasah dalam menyusun SK pembagian tugas guru semester
genap
·
Menyiapkan
jadwal pelajaran Semester genap
ü Jurnal kelas semester
genap
ü Absensi siswa semester
genap
ü Absensi masing-masing guru bidang
studi untuk semester genap
6.
Kegiatan Akhir
Tahun
·
Membantu Kepala
Madrasah dalam penyelenggaraan Ujian Akhir Nasional
·
Mendampingi Kepala
Madrasah dalam rapat penentuan kelulusan
·
Membantu Kepala
Madrasah dalam memproses STTB dan SKHUN
·
Membantu Kepala
Madrasah dalam pembuatan laporan peneyelenggaraan UN
·
Membantu Kepala
Madrasah dalam mengevaluasi kegiatan selama satu tahun
BAB V
PENUTUP
Kami berkeyakinan bahwa setiap
kegiatan tanpa perencanaan hasilnya tidak akan memuaskan, oleh sebab itu kami
berusaha membuat program rencana setiap kegiatan meskipun belum sempurna,
sehingga kritik dan saran kami harapkan dari semua pihak demi menuju
kesempurnaan Program Kerja kurikulum ini.
Terwujudnya Program Kerja Kurikulum Madrasah
Aliyah Nurul Falah ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan
dari Bapak Kepala, Kasi Mapenda, Bapak Pengawas, untuk itu kami haturkan banyak terima kasih dan menyampaikan
penghargaan yang setinggi-tingginya.
Akhir kata, semoga Program Kerja
Kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah tahun Pelajaran 2016-2017 yang kami susun
ini bermanfaat bagi Madrasah Aliyah Nurul Falah pada khususnya dan umumnya bagi
madrasah/sekolah lain, serta Insya Allah
dengan rasa kebersamaan yang tinggi, yang didasari dengan niat ibadah guna
menggapai Mardatillah. Lembaga ini akan terus maju dan disegani masyarakat
serta jadi tumpuan masyarakat.
Hanya kepada
Allah jualah menyerahkan segala urusan
SUSUNAN PANITIA KEGIATAN EVALUASI BELAJAR
MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH KAUNG CAANG
CADASARI PANDEGLANG BANTEN
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
NO
|
NAMA KEGIATAN
|
WAKTU
|
PANITIA
|
|
JABATAN
|
NAMA
|
|||
1.
|
Pengembangan KTSP dan K13
|
Juli 2016
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
|||
2.
|
Ulangan Tengah Semester Ganjil
|
September 2016
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
|||
3.
|
Ulangan Akhir Semester Ganjil
|
Desember 2016
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
|||
4.
|
Ulangan Tengah Semester Genap
|
Maret 2017
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
|||
5.
|
Ulangan Kenaikan Kelas
|
Juni 2017
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
|||
6.
|
Pengayaan dan Try Out
|
Jan - Maret 2017
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
|||
7.
|
UAMBN dan UN
|
Maret – April 2017
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
|||
8.
|
Perpisahan
|
Juni 2017
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
|||
9.
|
Kenaikan Kelas
|
Juni 2017
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
|||
10.
|
Penerimaan Peserta Didik Baru
|
Juni-Juli 2017
|
P. Jawab
|
Mahtumah, S.Sos.I
|
Ketua
|
Asep Hermawan, M.Pd.I
|
|||
Sekretaris
|
Hani Muflihah, S.E, Sy
|
|||
Bendahara
|
Yeti Herawati, S.Th.I
|
Mengetahui Pandeglang, ...
Juli 2016
Kepala Madrasah, Wakamad
Kurikulum
Mahtumah, S.Sos.I Asep Hermawan,
M.Pd.I
NIP.- NIP.-
JADWAL KEGIATAN DAN PEMBIMBING PENGEMBANGAN DIRI
MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH KAUNG CAANG
CADASARI PANDEGLANG BANTEN
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
No
|
Kegiatan
|
Pendamping
|
Jenis
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
OSIS
|
TB. Sehabudin, SH
|
Pembinaan Cara Beroganisasi
|
|
3
|
Volly Ball
|
Ahmad Habibi, S.Pd.I
|
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengadakan Kunjungan
|
Minggu, 14.00
|
4
|
Tenis Meja
|
Ahmad Habibi, S.Pd.I
|
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengadakan Kunjungan
|
Senin, 14.00
|
5
|
Futsal
|
Ahmad Habibi, S.Pd.I
|
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengadakan Kunjungan
|
Sabtu, 14.00
|
6
|
Pramuka
|
Lukmansyah, S.Pd.I
|
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengikuti Bakti Sosial
|
Jumat, 13.00
|
7
|
Saka Wirakartika
|
Lukmansyah, S.Pd.I
|
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengikuti Bakti Sosial
|
Jumat, 13.00
|
8
|
Paskibra
|
Ahmad Habibi, S.Pd.I
|
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Upacara Bendera
Berpartisipasi Dalam PHBN
|
Selasa, 14.00
|
9
|
PMR
|
Iis Istirohah, S.Pd
|
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengikuti Bakti Sosial
|
Kamis, 14.00
|
10
|
Kosidah
|
TB. Sehabudin, SH
|
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Apresiasi
|
Sabtu, 14.00
|
11
|
Marawis
|
TB. Sehabudin, SH
|
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Apresiasi
|
Sabtu, 14.00
|
13
|
Muhadoroh
|
Ust. Saepul Munir
|
Pengajin Mingguan
|
Jum’at. 13.00
|
Mengetahui Pandeglang, Juli 2016
Kepala Madrasah, Wakamad
Kurikulum,
Mahtumah, S.Sos.I Asep Hermawan,
M.Pd.I
NIP.- NIP.-
MATRIK PROGRAM KERJA
WAKAMAD BIDANG KURIKULUM
MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH KAUNG CAANG
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
No
|
Jenis Kegiatan
|
Bentuk Kegiatan
|
Tujuan
|
Waktu
|
Sasaran
|
Koordinator Pelaksana
|
Sumber dana
|
keterangan
|
1
|
Kegiatan awal tahun pelajaran
|
Perencanaan
|
Persiapan
|
Juni 2016
|
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
Kepala dan Waka Kurikulum
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
Pemetaan mata pelajaran dan alokasi waktu
|
Pembagian tugas
|
Juli 2016
|
Pendidik
|
Kepala dan Waka Kurikulum
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
Pembagian tugas mengajar
|
Pembagian beban ajar
|
Juli 2016
|
Pendidik
|
Kepala dan Waka Kurikulum
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
Menentukan KKM
|
Penentuan target PBM
|
Juli 2016
|
Pendidik
|
Waka Kurikulum
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
Menyusun jadwal pelajaran
|
Pembagian waktu mengajar
|
Juli 2016
|
Pendidik
|
Waka Kurikulum
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
Menyusun KTSP
|
Pembuatan perangkat pembelajaran dan persiapan PBM
|
Juli 2016
|
Pendidik
|
Tim penyusun KTS (seluruh Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
Menyusun Perangkat PBM
(Kalender Pendidikan, minggu efektif, Prota, Prosem,
Silabus, RPP)
|
Pembuatan perangkat pembelajaran dan persiapan PBM
|
Juli 2016
|
Pendidik
|
Waka Kurikulum
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
Pembagian Kelas/Rombel
|
Pembagian peserta didik dalam kelas dan program
studi sesuai dengan minat dan kemampuan
|
Juli 2016
|
Peserta didik
|
Waka Kurikulum
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
Pembuatan Absensi
|
Menyiapkan administrasi kehadiran peserta didik
|
Juli 2016
|
Peserta didik
|
Waka Kurikulum
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
2
|
Pelaksanaan PBM
|
Pelaksanaan PBM
|
Juli 2016 –
Juni 2017
|
Peserta didik
(Hasil belajara peserta didik)
|
Pendidik
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|
Pelaksanaan pengayaan / pemantapan kelas XII
|
Meningkatkan dan mengoptimalkan daya serap peserta
didik
|
Januari – Mart 2017
|
Peserta didik kelas XII
|
Panitia dan Pendidik bidang studi
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
3
|
Evaluasi
|
Ulangan Blok
|
Memperoleh gambaran hasil belajar peserta didik
|
Juli 2016 – Juni 2017
|
Peserta didik
|
Pendidik
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
UTS Semester Ganjil
|
September 2016
|
Peserta didik
|
Panitia UTS *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
UAS Semester Ganjil
|
Memperoleh gambaran hasil belajar peserta didik
|
Desember 2016
|
Peserta didik
|
Panitia UAS *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
||
UTS Semester Genap
|
Maret 2017
|
Peserta didik
|
Panitia UTS *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
UAS Semester Genap
|
Juni 2017
|
Peserta didik
|
Panitia UAS *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Analisis Hasil Ulangan
|
Juli 2016 – Juni 2017
|
Peserta didik
|
Pendidik
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Remidial
|
Juli 2016 – Juni 2017
|
Peserta didik
|
Pendidik
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Try OUT Kelas XII (1)
|
Jan 2017
|
Peserta didik
|
Panitia TO *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Try OUT Kelas XII (2)
|
Feb 2017
|
Peserta didik
|
Panitia TO *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Try OUT Kelas XII (3)
|
Mart 2017
|
Peserta didik
|
Panitia TO *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
UN kelas XII
|
April 2017
|
Peserta didik
|
Panitia UN, UM *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Ujian Praktek Kelas XII
|
April 2017
|
Peserta didik
|
Panitia UN, UM *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
UM Kelas XII
|
April 2017
|
Peserta didik
|
Panitia UN, UM *)
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
4
|
Pelaporan Hasil
|
Pembagian Raport Semester Ganjil
|
Pemberitahuan kepada peserta didik, orang tua dan
kantor kementerian agama tentang keberhasilan PBM
|
Des 2016
|
Orang tua dan Peserta didik
|
Wali Kelas
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
Pengumuman TO kelas XII
|
Mart 2017
|
Orang tua dan Peserta didik
|
Panitia TO
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Pengumuman Kelulusan Kelas XII
|
Mei 2017
|
Orang tua dan Peserta didik
|
Kepala dan Panitia
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Penyerahan SKHUN dan Ijazah
|
Juni 2017
|
Orang tua dan Peserta didik
|
Kepala dan Panitia
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Penyerahan Laporan UM,UAMBN, UN
|
Juni 2017
|
Kantor Wilayah Kemenag
|
Panitia UM, UAMBN, UN
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Pembagian Raport Semester Genap
|
Juni 2017
|
Orang tua dan Peserta didik
|
Wali Kelas
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
5.
|
Peningkatan Kwalitas Peserta Didik
|
Olimpiade Matematika
|
Meningkatkan kwalitas Peserta Didik
|
2016-2017
|
Peserta Didik
|
Guru bidang
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
Olimpiade Fisika
|
2016-2017
|
Peserta Didik
|
Guru bidang
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Olimpiade PAI
|
2016-2017
|
Peserta Didik
|
Guru bidang
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Seleksi Peserta Didik Berprestasi
|
2016-2017
|
Peserta Didik
|
Team Seleksi
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Cerdas Cermat Mata Pelajaran
|
2016-2017
|
Peserta Didik
|
Guru bidang
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Lomba Kreasi Seni
|
2016-2017
|
Peserta Didik
|
Bid. Seni
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Lomba Olah Raga
|
2016-2017
|
Peserta Didik
|
Bid. Olahraga
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
6.
|
Peningkatan Kwalitas Tenaga Pendidik
|
Mengikuti Diklat Mata Pelajaran
|
Meningkatkan kwalitas Tenaga Pendidik
|
2016-2017
|
Tenaga Pendidik
|
Kementerian Agama / Balai Diklat
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
Mengikuti Seminar / Loka Karya
|
2016-2017
|
Tenaga Pendidik
|
Kementerian Agama / PT
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Mengadakan Kunjungan Kerja (perbandingan)
|
2016-2017
|
Tenaga Pendidik
|
Sekolah
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Meningkatkan Kemampuan TIK
|
2016-2017
|
Tenaga Pendidik
|
Tenaga Pendidik / Sekolah
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
Melanjutkan Jenjang Pendidikan
|
2016-2017
|
Tenaga Pendidik
|
Tenaga Pendidik
|
BP3 dan BOS
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
7.
|
Peningkatan, pengamalan keagamaan, Kepekaan
Sosial, cinta tanah air dan bangsa
|
Keagamaan
|
Meningkatkan kwalitas seluruh komponen pendidikan
|
2016-2017
|
Seluruh Masyarakat sekolah
|
Bid. Keagamaan
|
BP3/ DIPA
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
Bakti Sosial
|
2016-2017
|
Seluruh Masyarakat sekolah Peserta Didik
|
Bid. Kesiswaan dan Humas
|
BP3/ DIPA
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
PHBI
|
2016-2017
|
Seluruh Masyarakat sekolah Peserta Didik
|
Bid. Kesiswaan
|
BP3/ DIPA
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
|||
PHBN
|
2016-2017
|
Seluruh Masyarakat sekolah Peserta Didik
|
Bid. Kesiswaan
|
BP3/ DIPA
|
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
|
Pandeglang, Juli 2016
Wakamad Bid.
Kurikulum,
Asep Hermawan,
M.Pd.I
NIP.-
Subscribe to:
Posts (Atom)