08/01/2017

Program Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1C1wwnLjW_Tjdd410nB3CdcXKcKgu1YjuHWMztd_zGKq88C4hzXypL7agyejQH4MJwJ6xOEDyyotCph8YnkaEMng9mS7YBpIYFoMnbprSCQpZRybPp2XEqSrtkzMAEmQf2NDwdrvAurnI/s1600/DEPAG.JPEG



KEMENTERIAN AGAMA








PROGRAM KERJA

WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG KURIKULUM

MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH
KAUNG CAANG
CADASARI-PANDEGLANG
TAHUN PELAJARAN 2016-2017





LEMBAR PENGESAHAN

PROGRAM KERJA

WAKAMAD BIDANG KURIKULUM



Penyusun
Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum





Asep Hermawan, M.Pd.I
  NIP.




Menyetujui / Mengesahkan
Kepala Madrasah,




Mahtumah, S.Sos.I
    NIP.














KATA PENGANTAR


Bismillahirrohmaanirrohiim
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas rakhmat dan karunia-Nya kami telah dapat menyusun Program Tahunan Kegiatan Madrasah Aliyah Nurul Falah Kaung Caang
Hanya dengan Rahmatnya Alhamdulillah kami dapat menyusun Program Kerja Wakamad Bidang Kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah Kaung Caang untuk tahun 2016-2017. Dengan Program ini dimaksudkan agar langkah-langkah yang akan dilakukan sesuai dengan Visi, Misi dan tujuan yang disepakati dan ditetapkan bersama.
Oleh karena itu kami menyadari bahwa Program Kerja Bidang Kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah ini banyak manfaatnya dalam pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan di Madrasah Aliyah Nurul Falah Tahun Pelajaran 2016-2017
Kami berkeyakinan bahwa setiap kegiatan  tanpa perencanaan hasilnya tidak akan memuaskan, oleh sebab itu kami berusaha membuat program rencana setiap kegiatan meskipun belum sempurna, sehingga kritik dan saran kami harapkan dari semua pihak demi menuju kesempurnaan Program Kerja ini.
Terwujudnya Program Kerja Kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan dari Bapak Kepala Madrasah dan segenap dewan guru, untuk itu kami haturkan  banyak terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya.
Akhir kata, semoga Program Kerja Bidang Kurikulum yang kami susun ini bermanfaat bagi  Madrasah Aliyah Nurul Falah pada khususnya dan umumnya bagi madrasah/sekolah lain, serta Insya Allah dengan rasa kebersamaan yang tinggi, yang didasari dengan niat ibadah guna menggapai Mardhatillah. Lembaga ini akan terus maju dan disegani masyarakat serta jadi tumpuan masyarakat.
Hanya kepada Allah jualah menyerahkan segala urusan.

Pandeglang,  Juli 2016
Wakamad Kurikulum,


Asep Hermawan, M.Pd.I
NIP.-

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Dinamika pendidikan di Indonesia dewasa ini mengalami perubahan yang sangat signifikan baik secara akademis maupun teknis penyelenggaraan pendidikan, sehingga para pelaksana pendidikan dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuannya agar tujuan pendidikan baik secara lokal maupun secara global tercapai dengan baik
Madrasah Aliyah Nurul Falah merupakan salah satu institusi pemerintah yang secara langsung melayani masyarakat yang membutuhkan di bidang pendidikan. Pelayanan pendidikan senatiasa ingin selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat sehingga keberadaan Madrasah Aliyah Nurul Falah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
Berbagai macam persoalan dalam dunia pendidikan seperti kurangnya tenaga pengajar baik secara kwalitas maupun kuantitas, kurangnya sarana prasana dan banyak lagi komponen-komponen guna terwujudnya dunia pendidikan yang ideal. Namun demikian optimalisasi komponen yang ada dan dimiliki menjadi salah satu jalan keluar yang harus dilakukan oleh setiap komponen pendidikan.
Proses Belajar Mengajar (PBM) merupakan kegiatan pokok dalam dunia pendidikan yang dikelola oleh bidang kurikulum dan didukung oleh komponen lain yang tidak bisa terpisahkan. Dengan daya dukung yang dimiliki, Madrasah Aliyah Nurul Falah mencoba menyusun program kerja bidang kurikulum untuk tahun pelajaran 2016-2017.

B.       Dasar Pemikiran
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  4. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Satndar Isi Pendidikan Agama Islam dan bahasa arab di Madrasah.
  5. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016-2017
  6. Rapat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Juli tahun 2016 tentang pembagian tugas mengajar dan tugas-tugas lain.
BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN

A.      Tujuan Pendidikan Nasional Jenjang Menengah
Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah untuk berkembangknya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negera yang demokratis serta bertanggung jawab
Sedangkan untuk jenjang menengah sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1990 tentang Pendidikan menengah, pendidikan menengah bertujuan:
1.      Meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahun, teknologi dan kesenian;
2.      Meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal-balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya

B.       Visi Wakamad Madrasah Aliyah Nurul Falah
Kurikulum disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di madrasah. Madrasah Aliyah Nurul Falah sebagai unit penyelenggara pendidikan, juga harus memperhatikan dan mengantisipasi perkembangan dan tantangan masa depan.
Adapun perkembangan dan tantangan itu menyangkut antara lain:
1.    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
2.    Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas Sektor serta tempat;
3.    Era informasi;
4.    Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia ;
5.    Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan;
6.    Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).
      Madrasah Aliyah Nurul Falah Kaung Caang sangat merespon tantangan sekaligus peluang tersebut sehingga visi madrasah  diharapkan  sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa mendatang atau secara sederhana diartikan sebagai gambaran sekolah yang dicita-citakan di masa depan. Namun demikian, visi sekolah harus tetap mengacu kepada  kebijakan pendidikan nasional. Demikian juga  Visi tersebut  harus memperhatikan dan mempertimbangkan antara lain: (a) potensi yang dimiliki madrasah dan (b) harapan masyarakat yang dilayani madrasah.
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders)  bermusyawarah dan merumuskan visi madrasah, sehingga visi madrasah tersebut dapat  mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, dan pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Visi Wakamad Madrasah Aliyah Nurul Falah:
“TERWUJUDNYA MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH YANG AMANAH, AKUNTABEL SERTA MELAHIRKAN INSAN KAMIL YANG BERAHLAKUL KARIMAH DENGAN OPTIMALISASI KINERJA”. Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita madrasah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi  kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Pemilihan visi tersebut untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah. Adapun indikator dari visi tersebut adalah :
1.      Mampu mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam secara benar dan konsekuen;
2.      Berprestasi dalam berbagai even kegiatan/perlombaan baik akademis maupun non akademis:
3.      Mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi;
4.      Perolehan nilai akademis peserta didik meningkat dari tahun ke tahun;
5.      Mampu bersaing dalam bursa dunia kerja;
6.      Mampu melahirkan peserta didik yang kreatif dan inovatif
7.      Tenaga pendidik dan kependidikan bekerja secara profesional;
8.      Disiplin warga sekolah sesuai dengan standar yang berlaku;
9.      Kegiatan pembinaan dan pengembangan  minat, bakat dan kemandirian siswa;
10.  Menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan yang positif;

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah  yang :
1.    Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian;
2.    Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat;
3.    Ingin mencapai keunggulan dan prestasi yang terbaik;
4.    Meningkatkan kesejahteraan hidup;
5.    Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah dalam mendarmabaktikan untuk kepentingan dunia pendidikan;
6.    Mendorong adanya perubahan yang lebih baik;
7.    Mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) madrasah; dan
8.    Menunjukkan kewibawaan dan keberadaan madrasah di tengah-tengah melalui perilaku dan prestasi.

C.       Misi Madrasah
Untuk mencapai visi tersebut, Madrasah Aliyah Nurul Falah telah merumuskan misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas, yaitu :
1.      Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, mengamalkan ajaran Islam, pengetahuan dan teknologi tepat guna
2.      Meningkatkan Sumber Daya Manusia  tenaga pendidik dan kependidikan
3.      Meningkatkan hubungan kerja sama dengan semua pihak yang berkepentingan (steakholder)
4.      Meningkatkan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan
5.      Meningkatkan pengelolaan administrasi secara cepat tepat dan akuntabel

D.      Tujuan Pendidikan Madrasah Aliyah Nurul Falah
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Adapun tujuan pendidikan Madrasah Aliyah Nurul Falah yang  merupakan penjabaran dari visi dan misi madrasah agar komunikatif dan bisa diukur adalah sebagai berikut :
1.      Terlaksananya tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing-masing komponen madrasah;
2.      Terlaksananya pengembangan kurikulum secara bertahap;
3.      Terlaksananya peningkatan pembinaan nilai-nilai moral dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari;
4.      Meningkatkan Kecerdasan, Pengetahuan, Kepribadian, serta Keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti Pendidikan lebih lanjut.
5.      Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat Peserta Didik melalui layanan bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler
6.      Tercapainya perolehan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun;
7.      Terlaksananya kegiatan pembinaan dan pengembangan  minat dan bakat siswa;
8.      Meningkatkan kedisiplinan  untuk semua komponen warga madrasah sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku;
9.      Peningkatan  profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan dengan berbagai kegiatan positif yang sesuai dengan tugasnya;
10.   Tercapainya prestasi dalam berbagai kegiatan dan atau perlombaan baik akademis maupun non akademis;
11.  Meningkatkan prestasi akademik Peserta Didik dengan nilai rata-rata 7,5
12.  Terciptanya jalinan kerjasama yang harmonis antara sesama warga madrasah, orang tua siswa, masyarakat, dan semua stakeholders madrasah lainnya.

E.       Maksud Dan Tujuan
Maksud penyusunan program kerja ini adalah:
  1. Terlaksananya Pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013
  2. Terlaksananya pembelajaran secara tertib
  3. Terpenuhinya fasilitas media pembelajaran tiap ruang
  4. Tercapainya hasil evaluasi pembelajaran di atas KKM
Berdasarkan tugas dan fungsi Wakamad Bid Kurikulum di atas maka Program bidang kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah dibuat bertujuan:
1.      Memberikan landasan dan arahan kepada seluruh komponen pendidikan agar proses pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah dapat terselenggara dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan secara umum sesuai dengan Visi, Misi dan tujuan Madrasah Aliyah Nurul Falah
2.      Memberikan gambaran tentang proses pembelajaran yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016-2017
3.      Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan pembelajaran
4.      Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja Guru
BAB III
TUGAS DAN FUNGSI WAKAMAD BIDANG KURIKULUM

A.      Rumusan Umum Tugas dan Fungsi
Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan kegiatan Kurikuler dan ekstra kurikuler.

B.       Uraian Tugas
1.      Menyusun Program kerja tahunan
2.      Mengkoordinasikan Pemasyarakatan dan Pengembangan Kurikulum.
3.      Menyusun Program pengajaran (Mingguan, Bulanan, Semester, Tahunan) dan mengkoordinasikan pelaksanaannya.
4.      Mengkoordinir kegiatan belajar mengajar termasuk pembagian tugas pendidik, jadwal pelajaran, evaluasi belajar dan sebagainya.
5.      Menganalisis ketercapaian target kurikulum dan daya serap.
6.      Mengkoordinasikan persiapan dan pelaksanaan UTS, UAS, UN, UAM
7.      Menyusun kriteria kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan
8.      Mengarahkan penyusunan Silabus dan RPP
9.      Mengkordinasi penyusunan KKM.
10.  Mengajar 24 jam pelajaran/minggu.
11.  Menyusun laporan berkala dan insidentil tentang kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler.
12.  Mengkoordinir pelaksanaan penerimaan peserta didik baru.
13.  Mengkoordinir wali kelas dan bimbingan karir.
14.  Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan Pokja kurikulum madrasah
15.  Mengkoordinir penulisan dan pengembangan mata pelajaran.
16.  Mendokumentasikan kurikulum, penyesuaian kurikulum dan mata pelajaran yang telah baku.
17.  Mewakili madrasah dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum

C.       Bertanggung Jawab Kepada :
1.      Atasan langsung          : Kepala Madrasah
2.      Pembina Teknis           : Kepala seksi Mapenda
BAB IV
PROGRAM KERJA BIDANG KURIKULUM

A.      Program Umum    
  1. Menyiapkan format pembelajaran yang dibutuhkan Guru Mata Pelajaran      
  2. Membantu Kepala Madrasah mengurus kegiatan kurikulum intrakurikuler dan ekstrakurikuler untuk setiap guru bidang studi         
  3. Menyediakan silabus untuk setiap guru bidang studi  
B.       Program Pokok   
1.      Kegiatan Awal   
·      Membantu Kepala Madrasah menyusun SK pembagian tugas mengajar guru         
·      Menyusun jadwal pelajaran     
·      Membantu Kepala Madrasah membuat SK pembagian tugas bagi tenaga kependidikan       
·      Membagi/menetapkan kelas sesuai dengan program
·      Menyiapkan absensi siswa yang dipegang oleh masing-masing guru bidang studi       
·      Menyiapkan jurnal  kelas          
·      Menyiapkan absensi masing-masing guru bidang studi
2.      Kagiatan Harian
·      Membantu Kepala Madrasah mengawasi KBM   
·      Membntu Kepala Madrasah dalam meningkatkan suasana pembelajaran yang efektif dengan menetapkan disiplin belajar siswa
·      Membantu guru dalam mengatasi hambatan dalam KBM
·      Membantu Kepala Madrasah mengawasi kegiatan pendalam materi
3.      Kegiatan Mingguan  
·      Memberikan laporan kepada Kepala Madrasah tentang pelaksanaan KBM selama satu minggu        
·      Membantu Kepala Madrasah menyiapkan pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin
·      Memberi laporan tentang kegiatan pendalaman materi selama satu minggu         
·      Mengadakan pertemuan konsulidasi dengan masing-masing wakasek, guru BK dan wali kelas
4.      Kegiatan Bulanan  
·      Mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan KBM dan ektrakurikuler
·      Membantu Kepala Madrasah dalam mengevaluasi kegiatan pandalaman materi bulan sebeblumnya       
·      Mengadakan konsultasi dengan guru mata pelajarandan BK tentang kesulitan belajar dan absensi siswa     
·      Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan ulangan harian bersama ( UHB )         
·       Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan Midle semester/UTS
5.      Kegiatan Semesteran 
·      Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan ulangan semesteran
·      Menyiapkan leger nilai raport semesteran yang bersangkutan
·      Membantu Kepala Madrasah mengawasi wali kelas dalam mengisi buku raport         
·      Menghitung target kurikulum dan taraf serap masing-masing kelas pada setiap mata pelajaran      
·      Membantu Kepala Madrasah dalam mengawasi pembagian buku raport
·      Maembantu Kepala Madrasah dalam menyusun SK pembagian tugas guru semester genap         
·      Menyiapkan jadwal pelajaran Semester genap
ü  Jurnal kelas semester genap      
ü  Absensi siswa semester genap      
ü  Absensi masing-masing guru bidang studi untuk semester genap
6.      Kegiatan Akhir Tahun 
·      Membantu Kepala Madrasah dalam penyelenggaraan Ujian Akhir Nasional   
·      Mendampingi Kepala Madrasah dalam rapat penentuan kelulusan
·      Membantu Kepala Madrasah dalam memproses STTB dan SKHUN
·      Membantu Kepala Madrasah dalam pembuatan laporan peneyelenggaraan UN
·      Membantu Kepala Madrasah dalam mengevaluasi kegiatan selama satu tahun




BAB V
PENUTUP

Kami berkeyakinan bahwa setiap kegiatan tanpa perencanaan hasilnya tidak akan memuaskan, oleh sebab itu kami berusaha membuat program rencana setiap kegiatan meskipun belum sempurna, sehingga kritik dan saran kami harapkan dari semua pihak demi menuju kesempurnaan Program Kerja kurikulum ini.
Terwujudnya Program Kerja Kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan dari Bapak Kepala, Kasi Mapenda, Bapak Pengawas, untuk itu kami haturkan  banyak terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya.
Akhir kata, semoga Program Kerja Kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Falah tahun Pelajaran 2016-2017 yang kami susun ini bermanfaat bagi Madrasah Aliyah Nurul Falah pada khususnya dan umumnya bagi madrasah/sekolah lain, serta Insya Allah dengan rasa kebersamaan yang tinggi, yang didasari dengan niat ibadah guna menggapai Mardatillah. Lembaga ini akan terus maju dan disegani masyarakat serta jadi tumpuan masyarakat.
Hanya kepada Allah jualah menyerahkan segala urusan




SUSUNAN PANITIA KEGIATAN EVALUASI BELAJAR
MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH KAUNG CAANG
CADASARI PANDEGLANG BANTEN
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

NO
NAMA KEGIATAN
WAKTU
PANITIA
JABATAN
NAMA
1.
Pengembangan KTSP dan K13
Juli 2016
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I
2.
Ulangan Tengah Semester Ganjil
September 2016
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I
3.
Ulangan Akhir Semester Ganjil
Desember 2016
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I
4.
Ulangan Tengah Semester Genap
Maret 2017
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I
5.
Ulangan Kenaikan Kelas
Juni 2017
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I
6.
Pengayaan dan Try Out
Jan - Maret 2017
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I
7.
UAMBN dan UN
Maret – April 2017
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I
8.
Perpisahan
Juni 2017
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I
9.
Kenaikan Kelas
Juni 2017
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I
10.
Penerimaan Peserta Didik Baru
Juni-Juli 2017
P. Jawab
Mahtumah, S.Sos.I
Ketua
Asep Hermawan, M.Pd.I
Sekretaris    
Hani Muflihah, S.E, Sy
Bendahara
Yeti Herawati, S.Th.I

Mengetahui                                                                                         Pandeglang, ... Juli 2016
Kepala Madrasah,                                                                              Wakamad Kurikulum




Mahtumah, S.Sos.I                                                                            Asep Hermawan, M.Pd.I
NIP.-                                                                                                   NIP.-



JADWAL KEGIATAN DAN PEMBIMBING PENGEMBANGAN DIRI
MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH KAUNG CAANG
CADASARI PANDEGLANG BANTEN
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
No
Kegiatan
Pendamping
Jenis Kegiatan
Waktu
1
OSIS
TB. Sehabudin, SH
Pembinaan Cara Beroganisasi

3
Volly Ball
Ahmad Habibi, S.Pd.I
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengadakan Kunjungan
Minggu, 14.00
4
Tenis Meja
Ahmad Habibi, S.Pd.I
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengadakan Kunjungan
Senin, 14.00
5
Futsal
Ahmad Habibi, S.Pd.I
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengadakan Kunjungan
Sabtu, 14.00
6
Pramuka
Lukmansyah, S.Pd.I
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengikuti Bakti Sosial
Jumat, 13.00
7
Saka Wirakartika
Lukmansyah, S.Pd.I
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengikuti Bakti Sosial
Jumat, 13.00
8
Paskibra
Ahmad Habibi, S.Pd.I
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Upacara Bendera
Berpartisipasi Dalam PHBN
Selasa, 14.00
9
PMR
Iis Istirohah, S.Pd
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Mengikuti Bakti Sosial
Kamis, 14.00
10
Kosidah
TB. Sehabudin, SH
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Apresiasi
Sabtu, 14.00
11
Marawis
TB. Sehabudin, SH
Latihan Rutin
Mengikuti Lomba
Apresiasi
Sabtu, 14.00
13
Muhadoroh
Ust. Saepul Munir
Pengajin Mingguan
Jum’at. 13.00


Mengetahui                                                                                         Pandeglang,   Juli 2016
Kepala Madrasah,                                                                               Wakamad Kurikulum,




Mahtumah, S.Sos.I                                                                            Asep Hermawan, M.Pd.I
NIP.-                                                                                                   NIP.-





MATRIK PROGRAM KERJA
WAKAMAD BIDANG KURIKULUM
MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH KAUNG CAANG
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

No
Jenis Kegiatan
Bentuk Kegiatan
Tujuan
Waktu
Sasaran
Koordinator Pelaksana
Sumber dana
keterangan
1
Kegiatan awal tahun pelajaran
Perencanaan
Persiapan
Juni 2016
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Kepala dan Waka Kurikulum
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Pemetaan mata pelajaran dan alokasi waktu
Pembagian tugas
Juli 2016
Pendidik
Kepala dan Waka Kurikulum
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Pembagian tugas mengajar
Pembagian beban ajar
Juli 2016
Pendidik
Kepala dan Waka Kurikulum
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Menentukan KKM
Penentuan target PBM
Juli 2016
Pendidik
Waka Kurikulum
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Menyusun jadwal pelajaran
Pembagian waktu mengajar
Juli 2016
Pendidik
Waka Kurikulum
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Menyusun KTSP
Pembuatan perangkat pembelajaran dan persiapan PBM
Juli 2016
Pendidik
Tim penyusun KTS (seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Menyusun Perangkat PBM
(Kalender Pendidikan, minggu efektif, Prota, Prosem, Silabus, RPP)
Pembuatan perangkat pembelajaran dan persiapan PBM
Juli 2016
Pendidik
Waka Kurikulum
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Pembagian Kelas/Rombel
Pembagian peserta didik dalam kelas dan program studi sesuai dengan minat dan kemampuan
Juli 2016
Peserta didik
Waka Kurikulum
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Pembuatan Absensi
Menyiapkan administrasi kehadiran peserta didik
Juli 2016
Peserta didik
Waka Kurikulum
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
2
Pelaksanaan PBM
Pelaksanaan PBM

Juli 2016
Juni 2017
Peserta didik
(Hasil belajara peserta didik)
Pendidik
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Pelaksanaan pengayaan / pemantapan kelas XII
Meningkatkan dan mengoptimalkan daya serap peserta didik
Januari – Mart 2017
Peserta didik kelas XII
Panitia dan Pendidik bidang studi
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
3
Evaluasi
Ulangan Blok
Memperoleh gambaran hasil belajar peserta didik
Juli 2016 – Juni 2017
Peserta didik
Pendidik
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
UTS Semester Ganjil
September 2016
Peserta didik
Panitia UTS *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana


UAS Semester Ganjil
Memperoleh gambaran hasil belajar peserta didik
Desember 2016
Peserta didik
Panitia UAS *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
UTS Semester Genap
Maret 2017
Peserta didik
Panitia UTS *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
UAS Semester Genap
Juni 2017
Peserta didik
Panitia UAS *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Analisis Hasil Ulangan
Juli 2016 – Juni 2017
Peserta didik
Pendidik
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Remidial
Juli 2016 – Juni 2017
Peserta didik
Pendidik
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Try OUT Kelas XII (1)
Jan 2017
Peserta didik
Panitia TO *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Try OUT Kelas XII (2)
Feb 2017
Peserta didik
Panitia TO *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Try OUT Kelas XII (3)
Mart 2017
Peserta didik
Panitia TO *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
UN kelas XII
April 2017
Peserta didik
Panitia UN, UM *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Ujian Praktek Kelas XII
April 2017
Peserta didik
Panitia UN, UM *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
UM Kelas XII
April 2017
Peserta didik
Panitia UN, UM *)
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
4
Pelaporan Hasil
Pembagian Raport Semester Ganjil
Pemberitahuan kepada peserta didik, orang tua dan kantor kementerian agama tentang keberhasilan PBM
Des 2016
Orang tua dan Peserta didik
Wali Kelas
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Pengumuman TO kelas XII
Mart 2017
Orang tua dan Peserta didik
Panitia TO
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Pengumuman Kelulusan Kelas XII
Mei 2017
Orang tua dan Peserta didik
Kepala dan Panitia
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Penyerahan SKHUN dan Ijazah
Juni 2017
Orang tua dan Peserta didik
Kepala dan Panitia
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Penyerahan Laporan UM,UAMBN, UN
Juni 2017
Kantor Wilayah Kemenag
Panitia UM, UAMBN, UN
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Pembagian Raport Semester Genap
Juni 2017
Orang tua dan Peserta didik
Wali Kelas
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
5.
Peningkatan Kwalitas Peserta Didik
Olimpiade Matematika
Meningkatkan kwalitas Peserta Didik
2016-2017
Peserta Didik
Guru bidang
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Olimpiade Fisika
2016-2017
Peserta Didik
Guru bidang
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Olimpiade PAI
2016-2017
Peserta Didik
Guru bidang
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Seleksi Peserta Didik Berprestasi
2016-2017
Peserta Didik
Team Seleksi
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Cerdas Cermat Mata Pelajaran
2016-2017
Peserta Didik
Guru bidang
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Lomba Kreasi Seni
2016-2017
Peserta Didik
Bid. Seni
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Lomba Olah Raga
2016-2017
Peserta Didik
Bid. Olahraga
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
6.
Peningkatan Kwalitas Tenaga Pendidik
Mengikuti Diklat Mata Pelajaran
Meningkatkan kwalitas Tenaga Pendidik
2016-2017
Tenaga Pendidik
Kementerian Agama / Balai Diklat
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Mengikuti Seminar / Loka Karya
2016-2017
Tenaga Pendidik
Kementerian Agama / PT
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Mengadakan Kunjungan Kerja (perbandingan)
2016-2017
Tenaga Pendidik
Sekolah
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Meningkatkan Kemampuan TIK
2016-2017
Tenaga Pendidik
Tenaga Pendidik / Sekolah
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
Melanjutkan Jenjang Pendidikan
2016-2017
Tenaga Pendidik
Tenaga Pendidik
BP3 dan BOS
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana

7.
Peningkatan, pengamalan keagamaan, Kepekaan Sosial, cinta tanah air dan bangsa
Keagamaan
Meningkatkan kwalitas seluruh komponen pendidikan
2016-2017
Seluruh Masyarakat sekolah
Bid. Keagamaan
BP3/ DIPA
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
 Bakti Sosial
2016-2017
Seluruh Masyarakat sekolah Peserta Didik
Bid. Kesiswaan dan Humas
BP3/ DIPA
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
PHBI
2016-2017
Seluruh Masyarakat sekolah Peserta Didik
Bid. Kesiswaan
BP3/ DIPA
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana
PHBN
2016-2017
Seluruh Masyarakat sekolah Peserta Didik
Bid. Kesiswaan
BP3/ DIPA
O Terlaksana
O Tidak Terlaksana


Pandeglang,  Juli 2016
Wakamad Bid. Kurikulum,




Asep Hermawan, M.Pd.I
NIP.-

No comments: